About my Blog

hey, akhwat dan ihwan. kamu lagi ngunjungin blognya muti kurniati. dijamin deh blognya aku keren dan memberikan manfaat bagi kalian semua. semoga blog ini bisa membantu kalian yaaa.....

Sabtu, 13 November 2010

Tips Agar Puasa Sehat DI Bulan Ramadhan


- Senang hati menyambut Ramadhan
Dengan perasaan senana hati menyambut puasa Ramadhan ternyata sangat berpengaruh pada kualitas berpuasa. Epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat menghadapi puasa.
Lebih hebatnya lagi ternyata organ-organ tubuh kita sangat senang menghadapi puasa. Lambung, usus, ginjal, liver, kulit adalah 5 organ yang paling senang menghadapi puasa setelah mereka diporsir tiada henti di bulan-bulan sebelumnya.

- Jangan tinggalkan sahur
Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Romadhon yang sangat disarankan, dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa
Rasulullah SAW Bersabda : “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”.
Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa?. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam.
Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.


- Hindari Makan Makanan yang Manis saat Sahur

Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat Anda cepat lapar disiang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, konon insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah kedalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.
Sedangkan makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Untuk membuat energi dari sahur tahan lama, dan bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak.

- Jangan tunda Berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentunya energi kita banyak terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana, yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian, apalagi yang sedang melakukan travel jarak jauh.
Tetapi usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal dan menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal.

- Makan Makanan yang Manis saat Berbuka
Mengawali buka puasa dengan kurma dan air madu. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Eit, jangan langsung makan berat ya, sholat dulu.

- Pilih konsumsi makanan
Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).

- Cara makan yang sehat
Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah.
Pada malam hari usahakan juga untuk banyak minum air putih atau air madu untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah dehidrasi.

- Jangan tinggalkan olahraga
Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran.

- Kendalikan emosi
Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

0 komentar:

Posting Komentar